Sejarah Candi Prambanan

Tentunya anda sekarang ini masih bisa melihat adanya Candi Prambanan ini. Dari sejarah Candi Prambanan yang sudah ada ternyata dibangun atas sebuah perintah dari Sri Maharaja Rakai Pikatan. Dimana saat itu telah di temukan sebuah prasasti Siwargha dengan tahun 856 Masehi. Dari legenda yang telah beredar di tengah masyarakat, sejarah dari candi Prambanan ini dibangun oleh bandung Bondowoso.

Pastinya hal ini dijadikan sebagai persyaratan lamaran yang sudah diajukan oleh Roro Jonggrang. Dulunya di Jawa Tengah telah tersedia dua kerajaan yang memang bertetangga yakni kerajaan Baka dan juga kerajaan Pangging. Kerajaan Pengging ini memang kerajaan yang terbilang subur bahkan makmur yang saat itu berada di bawah pimpinan Prabu Damar. Sosoknya memang bijaksana sebagai seorang raja. Hingga ia mempunyai seorang putra dengan nama Raden Bandung bondowoso seorang kesatria gagah perkasa.

Sejarah Candi Prambanan

Sedangkan untuk kerajaan Baka kala itu berada di bawah pimpinan Prabu Baka. Dimana beliau ini memang lebih dikenal dengan sosok yang buas, kejam bahkan juga pemakan manusia. Saat menjadi raja, Prabu Baka pun memperoleh bantuan dari seorang Patih yang bernama Patih Gupala. Prabu Baka mempunyai seorang putri yang cantik dengan nama Roro Jonggrang. Karena Prabu Baka mempunyai keinginan memperluas daerah yang menjadi kekuasaannya. Akhirnya sang Prabu pun berencana untuk merebut Kerajaan Pengging.

Pertempuran yang telah terjadi antara kedua kerajaan ini memang sudah berlangsung hebat. Hingga akhirnya mampu mengalahkan bala tentara yang berasal dari Kerajaan Baka. Dari sini Prabu Damar Maya mengirikan putranya untuk ikut pertempuran melawan Prabu Baka. Berkat kesaktian yang sudah dimiliki oleh Bandung Bondowoso ini, Prabu Baka pun berhasil terkalahkan dan juga dibunuh.

Mendengar kabar Prabu Baka ini sudah tewas, Patih Gupala akhirnya melarikan dirinya kemudian kembali lagi menuju ke Kerajaan Baka. Mengetahui hal tersebut Pangeran Bandung Bondowoso pun mengejarnya dan saat itu juga bertemu dengan Roro Jonggrang yang membuat ia terpikat dengan kecantikannya. Hingga akhirnya Bandung Bondowoso ini melamar Roro Jonggrang untuk dijadikan istri.

Hanya saja Roro Jonggrang mengajukan persyaratan yang terbilang mustahil sekali untuk dipenuhi. Syarat yang pertama ia meminta untuk dibuatkan sumur Jalatunda. Sedangkan untuk syarat yang kedua persyaratannya meminta dibangunkan seribu candi hanya dalam waktu semalam saja.

Berkat kesaktian yang sudah dimiliki oleh Bandung Bondowoso ditambah dengan bantuan jin, akhirnya ia pun mampu menyelesaikan 999 candi. Dimana kabarnya Roro Jonggrang mempunyai usaha untuk menggagalkan usahanya dengan cara membangunkan semua dayang istana sehingga perempuan desa tersebut menumbuk padi sekaligus membakar jerami yang berada pada bagian sisi timur. Dari sini para jin pun berpikiran jika pagi sudah tiba. Hingga akhirnya para jin pun bergegas pergi dan Bandung Bondowoso dinilai tak mampu memenuhi persyaratan.

Dari sini Bandung Bondowoso mengetahui jika semuanya hasil rekayasa dari Roro Jonggrang dan ia pun merasa marah. Dari kemarahannya ini Bandung Bondowoso mengutuknya menadi batu bahkan menjadi arca untuk menggenapi 1000 candi tadi. Itulah tadi sekilas tentang sejarah Candi Prambanan yang bisa anda ketahui. Dimana sejarahnya memang sudah melegenda bahkan sering dibahas dalam pelajaran sejarah, selengkapnya https://kalimat.id.

Mengulas Sejarah Candi Prambanan Secara Singkat