Cara Mengatasi Sakit Kepala

Pernahkah Anda mengalami sakit kepala? Sakit kepala merupakan hal yang wajar dialami oleh setiap orang. Biasanya, rasa sakit ini terjadi pada bagian kepala atau leher dan disebabkan oleh berbagai hal diantaranya ketegangan otot pada daerah kepala, leher, pundak, sampai rahang. Tipe sakit kepala ini akan berlangsung selama tiga puluh menit sampai beberapa jam. Namun, apabila penyebabnya tidak segera ditangani, akan berlangsung semakin lama.

Nah, saat Anda mengalami sakit kepala, ada baiknya untuk ditangani secara alami terlebih dulu. Bagaimana caranya? Yuk simak cara mengatasi sakit kepala tanpa obat berikut ini!

Istirahat di Ruangan yang Gelap
Cara mengatasi saki kepala yang pertama yaitu beristirahatlah di ruangan yang gelap. Sakit kepala dapat muncul kapan pun saat beraktivitas. Ketika hal itu terjadi, segera mencari tempat yang agak gelap untuk berbaring maupun sekedar dudur. Pastikan pula tempat tersebut jauh dari kebisingan atau hiruk pikuk lingkungan sekitar. Tujuannya, untuk mendapatkan ketenangan diri. Lemaskan pula bagian kepala dan pundak supaya otot-otot yang tegang kembali rileks sehingga sakit kepala dapat berangsur sembuh.

Relaksasi
Hal serupa juga dapat dilakukan saat kepala Anda sakit selain berisitrahat di tempat yang gelap yaitu meditasi. Ya, teknik meditasi ini dipercaya mampu mengatasi sakit kepala. Pertama, pejamkan mata Anda dan atur nafas secara perlahan. Bayangkanlah Anda berada di tempat favorit yang paling nyaman, maka dijamin sakit kepala akan berangsur pulih.

Kompres Dingin dan Panas
Jika Anda malas untuk bermeditasi, bisa mencoba cara kompres. Ketahuilah, ternyata selain menurunkan demam, kompres juga efektif untuk mengobati sakit kepala. Tentunya dengan kombinasi kompres panas dan kompres dingin. Caranya, siapkan air panas dan rendam handuk kecil untuk digunakan mengompres.

Kemudian, peras handuk yang telah hangat tersebut dan kompres pada bagian kening dan leher. Trik ini bertujuan untuk melancarkan peredaran darah serta mengendurkan otot-otot yang tegang dan kaku. Setelah merasa sedikit nyaman, lanjutnya untuk mengompres bagian tersebut dengan air dingin. Anda dapat menggunakan air es yang dibalut dengan handuk tadi. Ketahuilah, efek dingin dari es tersebut mampu mengecilkan pembuluh darah yang rileks sehingga tekanan terhadap saraf sensitif di kepala akan berkurang.

Baca Juga : 6 Penyebab Gigi Berlubang yang Menyebabkan Sakit dan Keropos

Pijat Ringan
Jika terlalu repot untuk menyiapkan air kompres, Anda dapat mencoba trik pijat ringan ini untuk mengatasi sakit kepala. Cobalah untuk memijat bagian kepala yang sakit menggunakan jari telunjuk dan ibu jari. Kemudian, pijat selama kurang lebih 7 sampai 15 detik lalu lepaskan dan ulangi kembali sampai sakit kepala Anda berkurang.

Jika kebetulan ada seseorang disamping Anda, mintalah bantuan orang lain untuk memijat area kepala, leher, da pundak. Pastikan tekanan pijatannya pas, tidak kurang dan tidak terlalu keras. Jika terlalu keras maka akan menambah rasa sakit sedangkan jika terlalu pelan tidak akan berefek mengendurkan otot yang tegang.

Minum Air Putih secara Teratur
Inilah yang terkadang selalu diabaikan oleh tiap orang. Minum air putih adalah anjuran yang patut dilakukan paling tidak delapan gelas sehari. Ketika Anda merasa sakit kepala disertai haus, mulut kering, lelah, dan jarang buang air kecil, cobalah untuk minum. Hal tersebut bisa pertanda bahwa Anda mengalami dehidrasi.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi sakit kepala yang dapat dilakukan. Ketika cara di atas tidak lagi mengurangi rasa sakit kepala, silakan hubungi dokter untuk penanganan lebih serius.

Tips Mudah Atasi Sakit Kepala Tanpa Menggunakan Obat