Cara Ampuh Mencegah Mata Ikan

Mungkin Anda sudah tidak merasa asing dengan masalah kulit berikut ini. Mata ikan merupakan sebuah benjolan yang biasanya muncul di kaki. Penyakit ini sangat mengganggu, apalagi ketika harus memakai kaus kaki dan sepatu. Setiap melangkahkan kaki, pasti akan muncul rasa perih yang timbul karena mata ikan tertekan.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena berikut ini akan diberikan beberapa cara untuk mencegah munculnya mata ikan sehingga Anda tidak harus merasakan gangguan seperti di atas.

Cara Mencegah Mata Ikan

  1. Selalu membersihkan kaki

Jangan malas untuk selalu membersihkan kaki setelah beraktivitas tanpa alas kaki.  Beberapa tempat yang rawan untuk timbulnya mata ikan adalah di kolam renang umum. Jika Anda sedang berenang di tempat tersebut, langsung bersihkan kaki Anda untuk menghindari virus HPV penyebab mata ikan.

  1. Selalu menggunakan alas kaki ketika beraktivitas

Sangat penting untuk selalu menggunakan alas kaki ketika beraktivitas di luar ruangan. Selain menghindari serangan virus penyebab mata ikan, menggunakan alas kaki juga berguna untuk melindungi kaki dari benda-benda tajam seperti pecahan kaca yang terserak di tanah.

  1. Menggunakan sepatu sesuai ukuran

Sepatu yang sesuai ukuran akan meminimalisasi gesekan yang terjadi pada kaki. Gesekan berlebih pada kaki merupakan salah satu penyebab mata ikan. Oleh karena itu, menggunakan sepatu sesuai ukuran akan lebih baik. Selain itu, gunakan juga kaus kaki yang pas dan tidak terlalu kecil untuk menghindari tekanan.

  1. Tidak memencet kulit yang bermasalah

Ketika sudah muncul tanda-tanda mata ikan, biasanya orang akan gemas dan mencoba untuk memencet-mencet benjolan tersebut. Hal ini malah berisiko memunculkan masalah yang lebih besar. Memencetnya tidak akan membuat kondisi menjadi lebih baik. Sebaiknya segera periksakan ke dokter dan meminta obat sebelum menjadi lebih besar.

  1. Tidak bertukar sepatu dan kaus kaki

Karena sifatnya merupakan barang pribadi, selain dalam kondisi terdesak sebaiknya jangan bertukar sepatu dan kaus kaki dengan orang lain. Anda tidak tahu apakah orang yang Anda ajak bertukar kaus kaki dan sepatu memiliki masalah kulit ini atau tidak. Selain itu, bertukar sepatu dengan ukuran yang tidak pas bisa memicu gesekan yang bisa menimbulkan mata ikan.

  1. Rutin merendam kaki

Rutin-rutinlah untuk merendam kaki dengan air hangat. Waktu yang paling cocok untuk melakukan ini adalah sepulang bekerja. Selain bisa mencegah munculnya mata ikan, merendam kaki dengan air hangat bisa cepat memulihkan rasa lelah setelah bekerja seharian. Tak hanya itu, kaki pun akan menjadi lebih bersih dan sehat.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya mata ikan. Masalah ini memang sangat mengganggu jika terus dibiarkan. Oleh karena itu, sebisa mungkin lakukan pencegahan agar tidak perlu merasakan betapa tidak enaknya terkena mata ikan.

Cara Ampuh Mencegah Mata Ikan yang Mengganggu